Sabtu, 12 Maret 2016

3 Respon

Jika korban sadar dan komunikatif
1. Saya beri 3 respon.
2. Mas/mba apakah bisa mendengar suara saya?
3. Mas/mba apakah bangun? (Leader mendudukkan korban)
4. Maaf mas/mba apakah terasa? (Leader mencubit tangan korban)
5. Mas/mba apakah pandangan anda mengabur?
6. Apakah yang terjadi? Apakah mas/mba ingat?
7. Apa yang anda rasakan?
8. Apakah leher anda terasa sakit?
9. Apakah anda mengalami keram?
10. Apakah anda mengalami kesemutan?
-Bila terjadi pendarahan
Saya cek kontrol pendarahan (Leader menekan kuku ibu jari korban)
Pervusi? (Bertanya ke Juri)

Note : Lebih dari 3 detik tidak normal.

Jika korban tak sadarkan diri.

1. Saya beri 3 respon.
2. Saya beri respon suara. Mas/mba apakah bisa mendengar suara saya?
3. Saya beri respon fisik. Mas mas mas/mba mba mba? (Leader menepuk kedua pipi korban pelan.)
4. Saya beri respon nyeri. (Leader menekan tulang dada korban dengan ibu jari dan jari telunjuk).
5. Bagaimana dengan tingkat respon?

0 komentar:

Posting Komentar